Terbaru
Recent Articles

Beasiswa Erasmus Mundus 2011 is Open

Erasmus Mundus 2011 is now open!
Beberapa program Erasmus Mundus (baru dan lama) sudah membuka periode pendaftarannya untuk tahun ajaran 2011. Silakan cek ke daftar Erasmus Mundus Master Course dan Erasmus Mundus Joint Doctorate untuk memeriksa apakah program pilihanmu sudah dibuka atau belum. Perlu disadari, beberapa program baru bisa jadi belum ditambahkan ke daftar resmi tersebut. Update: Sudah ada daftar program Erasmus Mundus tambahan (baru dan lama) yang juga bakal menawarkan beasiswa mulai tahun 2011 (terima kasih, Zakka). Dengan tambahan ini, total ada 124 master courses dan 22 joint doctorates.
Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dari sekarang untuk sukses berburu beasiswa Erasmus Mundus:
  • Baca FAQ untuk tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang Erasmus Mundus.
  • Kunjungi website program-program Erasmus Mundus pilihan kamu secara reguler (misal setiap minggu) sampai muncul pengumuman pembukaan pendaftaran. Bila sudah ada, catat, tulis besar-besar dan pajang deadline-nya di tempat yang mudah terlihat.
  • Jika belum punya hasil English Test bertanggal dua tahun terakhir, tingkatkan kemampuan bahasa Inggris sekarang juga. Catat tanggal pelaksanaan tes sebagai deadline. Mulai menabung untuk mengikuti tes internasional karena biayanya memang tidak murah.
  • Mulailah merancang CV yang up to date dan "menjual" yang bisa meningkatkan peluang kamu diterima.
  • Buat daftar orang-orang yang bisa dimintai surat rekomendasi (recommendation letter). Rekomendasi staf akademis hampir pasti diminta, sehingga bila kamu sudah lama lulus, mulailah mencari kembali kontak dosen, pembimbing skripsi, atau kepala jurusan/dekan/rektor.
  • Motivation letter yang kuat menjadi aspek penting dalam pendaftaran beasiswa. Mulailah merancang motivation letter (atau disebut juga statement of purpose) yang singkat, padat dan sesuai dengan tujuan program yang kamu pilih.
  • Sadari bahwa berburu beasiswa bakal membutuhkan biaya (English test, pengiriman dokumen, biaya akses Internet, transportasi, legalisasi dll). Sisihkan sebagian uang untuk keperluan beasiswa.
  • Sudah mencoba mendaftar tahun lalu tetapi belum berhasil? Evaluasi pendaftaranmu dan perbaiki untuk periode tahun ini.
  • Terakhir, nikmati permulaan "perjuangan" ini. Hadiah besar menanti di garis finish.
Konten halaman ini akan terus diupdate dengan berbagai tips berburu beasiswa Erasmus Mundus. Situs ini juga akan menerbitkan cerita sukses/profil awardee/alumni Erasmus Mundus dari Indonesia. Silakan share/bookmark halaman ini dengan klik share di bawah, atau subscribe via email agar tidak ada artikel atau berita yang kamu lewatkan.
Photo credit: [1]
Share and Enjoy:

0 komentar for this post

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent
Connect with Facebook
Sponsors
Blog Archives
Recent Comments
Tag Cloud