Terbaru
Recent Articles

Ternyata SNI Tabung Elpiji Tiga Kilo Bermasalah

JAKARTA : Pemerintah akhirnya mengakui bahwa penyusunan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk komponen tabung gas elpiji 3 Kg dan aksesorisnya bermasalah. Walhasil kualitas tabung, regulator, selang dan kompor yang telah dipergunakan oleh masyarakat masih belum memenuhi standar operasional yang aman.



Berpijak dari masalah itu, maka dalam waktu dekat pemerintah bakal melakukan revisi (amandemen) pada SNI komponen tabung gas elpiji 3 Kg beserta aksesorisnya.

"Ya memang kita akui penyusunan SNI kurang sempurna. Pasalnya saat itu mungkin pemerintah tidak memiliki cukup waktu untuk menyusun standar yang memadai," ujar Kepala Badan pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Marzan A. Iskandar di Jakarta, Jumat (27/8).

Berdasarkan dokumen hasil Rapat Teknis Mengkaji Pembentukan SNI Tabung Gas yang Baru di BPPT dan hasilnya telah diterima oleh Media Indonesia terungkap bahwa, pada SNI tabung ditemukan sejumlah titik kelemahan.

Antara lain dimensi neck ring

tidak diatur dan sampling dalam produksi sulit ddipahami oleh produsen pembuat tabung.

Pada SNI regulator terungkap bahwa pengamanan bola tidak dipersyaratkan, di samping itu disain pengunci kurang sempurna sehingga mengakibatkan kemiringan pada saat pemasangan pada katup tabung.

Dari SNI katup juga ditemukan kelemahan kualitas cincin perapat belum diatur. Sedangkan pada SNI selang, sifat elastisitas karet malah tidak diatur sama sekali dalam SNI sehingga gas rentan pecah oleh panas gas propana.

Hasil kajian BPPT juga menemukan akibat belum adanya peraturan yang membatasi pembelian elpiji dengan harga subsidi satu rumah tangga, bermuara pada praktek pembelian gas bersubsidi yang tidak tepat sasaran. Pasalnya ditemukan pembelian tabung gas bersubsidi untuk keperluan industri, hotel dan restoran besar.

Kelemahan lain dari program konversi gas adalah belum adanya aturan yang mengatur tentang perlindungan konsumen bila terjadi hal-hal yang berdampak merugikan bagi pembeli gas.(MI)
Share and Enjoy:

0 komentar for this post

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent
Connect with Facebook
Sponsors
Blog Archives
Recent Comments
Tag Cloud