Terbaru
Recent Articles

Media Internet Terpopuler Ketiga di Amerika

Media Internet Terpopuler Ketiga di Amerika
Jakarta, - Internet menjadi platform berita paling populer ketiga di Amerika Serikat, di bawah siaran televisi daerah dan nasional di negara itu, demikian survei Internet & American Life Project dan Project for Excellence in Journalism, Pew Research Center, Senin.

Menurut survei itu, 78 persen dari 2.259 orang dewasa AS yang dijaring oleh jajak pendapat itu, mengatakan bahwa pada hari biasa mereka mendapatkan berita dari stasiun TV daerah.
Lalu, 73 persen mengaku mendapatkan berita dari jaringan televisi nasional seperti CBS atau stasiun tv kabel semisal CNN atau Fox.

61 persen mengaku, di hari biasa, mereka mendapatkan berita dari laman berita Internet, sementara 54 persen mendapatkannya dari program berita radio di rumah atau dalam kendaraan.

50 persen menyatakan memperoleh berita dari koran lokal dan 17 persen dari dari suratkabar nasional seperti New York Times atau USA Today.

99 persen mengaku mendapatkan berita, dari salah satu dari tiga platform media berikut; edisi cetak suratkabar lokal dan nasional, stasiun tv daerah dan nasional, dan radio atau Internet.

92 persen menyatakan di hari biasa, mereka mendapatkan berita dari banyak platform media, dengan setengah diantaranya memanfaatkan empat sampai enam platform media setiap hari.

21 persen orang dewasa AS yang mendapat berita online dengan mengandalkan diri kepada satu laman berita dan informasi, namun 57 persen mencampurkan dua dan lima platform, demikian survei itu.

Sebelas persen mengaku mendapatkan berita dari lebih dari lima laman dan 65 persen menyatakan tidak memiliki laman favorit.

"Orang Amerika menjadi kecanduan berita online maupun offline, namun ada batasnya," kata Amy Mitchell, Deputi Direktur Project for Excellence in Journalism, Pew Research Center.

"Mereka umumnya tidak mempunyai satu laman favorit, meski begitu mencari apa saja. Kebanyakan pengguna berita online secara reguler tertarik pada banyak laman berbeda," kata Mitchell.

Survei itu juga mendapatkan fakta bahwa 33 persen pengguna ponsel mendapatkan berita dari wahana telekomunikasi mobil.

"Kepedulian pada berita terjadi setiap saat, di mana saja, melalui wahana apapun, bagi mereka yang ingin tetap melek informasi," kata Kristen Purcell, Direktur Riset Internet & American Life Project, Pew Research Center.

Portal-portal berita seperti Google News, AOL dan Topix menjadi diantara sumber berita online yang paling umum dimanfaatkan, bersama dengan laman-laman seperti CNN, BBC dan koran-koran daerah dan nasional.

37 persen dari pemgguna Internet mengatakan turut membantu terciptanya berita, mengomentarinya atau menyebarkannya melalui situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.

75 persen pengguna berita online mendapatkan berita karena "diforward" via email atau postingan situs-situs jejaring sosial, sedangkan 52 persen menyatakan berbagi berita dengan yang lainnya lewat "link."

Survei juga menyebarkan pertanyaan mengenai opini di media massa, di mana 63 persen menyatakan setuju dengan berita produk organisasi-organisasi berita besar yang bekerja baik dengan meliput banyak berita penting dan diperhatikan pembacanya.

Kendati begitu, 71 persen setuju dengan pernyataan, "kebanyakan media berita saat ini bias dalam peliputannya."

Survei ini diselenggarakan dari n28 Desember sampai 19 Januari, dengan tingkat kesalahan (margin of error) plus atau minus 2,3 persen. (*)

Sumber : www .antaranews.com
Share and Enjoy:

0 komentar for this post

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent
Connect with Facebook
Sponsors
Blog Archives
Recent Comments
Tag Cloud