Terbaru
Recent Articles

Koneksi Internet HSDPA, 3G, GPRS menggunakan jaringan Indosat


Selama beberapa bulan ini saya telah menggunakan Indosat sebagai provider internet wireless. Dengan HSDPA usb modem yang saya gunakan saya mencoba untuk menjajal speed connection yang disediakan oleh provider ini di beberapa kota yaitu, Bandung, Garut dan Cianjur. Saya belum "berani" untuk membeli layanan IM2 dikarenakan biayanya yang tidak murah dan juga belum mengetahui secara pasti apakah benar speed connection yang mereka janjikan benar-benar dirasakan oleh konsumen. Oleh karena itu saya coba untuk membeli terlebih dahulu kartu prabayar IM3 dan Mentari, selain itu juga menggunakan kartu Matrix yang memang sudah saya gunakan untuk koneksi telepon via HP.

Untuk kota Bandung kita dapat merasakan jaringan 3G ataupun 3.5G (HSDPA) di beberapa tempat yang tentunya tersedia jaringannya. Sedangkan di kota Garut dan Cianjur saya hanya dapat menggunakan jaringan GPRS karena belum tersedianya infrastruktur tersebut, kecuali Telkomsel.

Ternyata setelah beberapa lama saya merasa cukup puas dengan koneksi internet dari provider ini. Speed connection yang didapat cukup stabil dan cukup "relatif" cepat juga. Rata-rata saya mendapatkan speed connection sekitar 270-290 kbps, sedangkan untuk download sekitar 25-40 kbps.

Indosat memberikan kita dua pilihan untuk menggunakan koneksi internet ini, pertama yaitu Time-based dan yang kedua yaitu Volume-based. Kedua pilihan ini dapat digunakan untuk jaringan 3.5G, 3G, dan GPRS, jadi settingnya sama untuk jaringan yang berbeda, tergantung dari infrastruktur di daerah tersebut. Itulah yang menarik buat saya meskipun ada beberapa provider lain yang memang memberikan layanan yang sama, akan tetapi Indosat ini memberikan tarif yang cukup murah, terutama untuk IM3, untuk Mentari dan Matrix saya kurang tahu pasti.

Untuk Volume based menggunakan IM3 tarif yang digunakan yaitu Rp.1 per kb, untuk Mentari ada yang mengatakan Rp.5 per kb dan ada juga yang mengatakan sama tarifnya dengan IM3, untuk Matrxi sudah pasti tarifnya ga segitu (lebih mahal).

Sedangkan untuk Time based tarif yang digunakan yaitu Rp.100 per menit untuk IM3 dan Mentari, untuk Matrix saya kurang tahu pasti. Nah dengan adanya beberapa pilihan tersebut kita dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, misalnya jika kita akan melakukan download yang ukurannya puluhan mega byte atau mungkin memerlukan waktu download yang tidak sebentar maka kita dapat menggunakan Time based connection. Untuk Volume based dapat dimanfaatkan jika koneksi internet hanya digunakan untuk cek email via web mail atau smtp dan chatting, jadi kita bisa terkoneksi terus seharian penuh...so...

Setting untuk kedua konfigurasi tersebut yaitu :
Untuk Time based :
- Profile Name = ISAT 3G
- Dial Number = *99***1#
- User Name = indosat@durasi
- Password = indosat@durasi
- APN (Access Point Name) = indosatgprs
Untuk Volume based :
- Profile Name = ISAT 3G
- Dial Number = *99***1#
- User Name = indosat
- Password = indosat
- APN (Access Point Name) = indosatgprs
Berikut HSDPA Usb modem yang saya gunakan :
 Gambar dibawah ini menunjukkan hasil speed test dengan menggunakan kartu IM3 dengan jaringan 3G, url yang digunakan untuk test speed ini yaitu : http://3g.indosat.com/bandwidth












Sedangkan speed test dibawah ini menggunakan url : http://www.intel.com/personal/digital-life/broadband :


Dengan koneksi di atas saya dapat mendownload mp3 sekitar 60 MB dalam waktu 30 menit...ya cukuplah :)...
Jadi kesimpulannya untuk saat ini saya tidak akan melakukan "migrasi" ke IM2 ataupun provider lainnya (maybe for one day and for one reason...), saya "cukup" puas dengan hasil yang diberikan selama ini :) ...btw saya tidak beriklan disini (harusnya Indosat memberikan fee marketing ke saya nih, he he he...:) )...mungkin juga kalau suatu saat ada provider lain yang memberikan layanan yang lebih dari ini saya akan menggunakannya juga.

 sumber : http://www.yulianmf.com
Share and Enjoy:

0 komentar for this post

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent
Connect with Facebook
Sponsors
Blog Archives
Recent Comments
Tag Cloud