Terbaru
Recent Articles

Menikah, Siswa SD Tak Ikut UASBN

JEMBER, Sebagian siswa sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiah negeri dan swasta di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tidak hadir atau absen dalam ujian akhir sekolah berstandar nasional karena menikah.

Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Jember, Jumari, Selasa (4/5/2010), mengatakan, sedikitnya 125 siswa dari 38.945 siswa SD dan MI negeri/swasta di Kabupaten Jember tidak hadir dalam UASBN hari pertama, Selasa.

"Siswa yang tidak hadir sebanyak 125 anak dengan rincian delapan siswa sakit, 10 siswa menyampaikan izin tidak ikut UASBN, dan 107 siswa absen tanpa keterangan yang jelas," katanya.

Ia menjelaskan, dari 107 siswa yang absen tanpa keterangan yang jelas, tercatat beberapa siswa di antaranya menikah dan meninggal dunia.

"Kami belum mengetahui secara pasti, berapa siswa yang menikah sebelum UASBN. Informasi yang didapat Dispendik menyebutkan, beberapa siswa SD dan MI memang ada yang menikah sebelum ujian," katanya.

Ia menyayangkan siswa yang tidak ikut UASBN karena alasan yang tidak jelas sehingga siswa tersebut tidak bisa mendapatkan ijazah kelulusan SD.

"Saya meminta semua sekolah untuk menelusuri siswa yang tidak ikut UASBN dan melakukan evaluasi, khususnya siswa yang absen tanpa keterangan yang jelas," katanya.

Pihak sekolah, sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membujuk orangtua dan siswa yang bersangkutan supaya mengikuti UASBN.

"Kami tidak bisa berbuat banyak terhadap orangtua siswa yang memiliki kesadaran pendidikan yang rendah sehingga anaknya menikah sebelum ikut UASBN. Alasan mereka biasanya karena faktor ekonomi," katanya.

Jumlah siswa yang tidak hadir dalam UASBN 2010 di Jember menurun dibandingkan tahun 2009 yang mencapai 180 siswa.

"Bagi siswa yang tidak ikut UASBN utama bisa mengikuti UASBN ulangan yang akan digelar pekan depan," ujarnya.

Sumber : www.kompas.com
Share and Enjoy:

0 komentar for this post

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent
Connect with Facebook
Sponsors
Blog Archives
Recent Comments
Tag Cloud