Terbaru
Recent Articles

Alamat Media Massa

MENGIRIM TULISAN KE MEDIA MASSA
Assalamu’alaikum w.w

Kawan-kawan yang baik, beberapa teman bertanya kepada saya soal alamat-alamat email media massa. Ya, saya kira hal teknis ini memang penting buat diketahui. Selain mengirim print-out tulisan yang dilengkapi cakram padat atau disket via pos dalam amplop tertutup, di zaman internet ini kita pun bisa mengirim tulisan lewat surat elektronik.
Berikut ini beberapa hal yang saya ketahui, yang tentunya terbatas. Tapi mungkin ada sedikit guna buat Kawan semua.
Untuk jenis opini, kita bisa mengirimkan tulisan ke beberapa koran, di antarnya Pikiran Rakyat (email: redaksi@pikiran-rakyat.com), Tribun Jabar (opini@tribunjabar.co.id), Galamedia (redgala@pro.net.id),
Radar Bandung (radarbandung@yahoo.co.uk), Kompas (opini@kompas.com/opini@kompas.co.id), Kompas lembar Jabar (kompasjabar@kompas.co.id), Republika (sekretariat@republika.co.id), Media Indonesia (redaksi@mediaindonesia.co.id), Seputar Indonesia (redaksi@seputar-indonesia.com), Koran Tempo (koran@tempo.co.id), Suara Pembaruan (koransp@suarapembaruan.com), Jawa Pos (saya tidak tahu alias tolong dilengkapi), Kedaulatan Rakyat (redaksi@kr.co.id), Lampung Post (redaksilampost@yahoo.com), Padang Ekspres (redaksi@padangekspres.co.id), Sinar Harapan (redaksi@sinarharapan.co.id), Radar Cirebon (redaksi@radarcirebon.com/radarcbn@indosat.net.id), Sriwijaya Post (sripo@mdp.net.id/sripo@yahoo.com/sripo@persda.co.id), Suara Karya (redaksi@suarakarya-online.com), Suara Merdeka (redaksi@suaramerdeka.com), Jurnal Nasional (lupa), Koran Jakarta (redaksi@koran-jakarta.com).
Untuk resensi buku, kecuali beberapa, semua koran yang disebutkan di atas tadi juga memuatnya. Untuk Pikiran Rakyat, resensi buku biasa dimuat di Suplemen Kampus yang terbit Kamis (sekali Kamis tiap dua pekan). Alamat emailnya: kampus_pr@yahoo.com. Atau kadang resensi buku dimuat juga di hari Senin, di suplemen Teropong (terbit sekali Senin tiap dua pekan). Emailnya: teropong@pikiran-rakyat.com.
Di suplemen kampus, rubrik-rubrik yang memuat kiriman tulisan pembaca adalah rubrik Resensi, Literasi, dan Mimbar Akademik. Lumayan lho honornya buat beli buku, atau buat traktir saya. Hehe.
Untuk subjek email, saya biasa menulis begini. Misal, untuk esai literasi. To: kampus_pr@yahoo.com. Subject: Esai Literasi: “Seperti Jantung yang Terus Berdetak”.
Kemudian untuk cerpen. Yang saya tahu, media-media massa cetak yang memuat kiriman cerpen adalah: Pikiran Rakyat (email: khazanah@pikiran-rakyat.com), Tribun Jabar (cerpen@tribunjabar.co.id), Galamedia (redgala@pro.net.id), Kompas (opini@kompas.com/opini@kompas.co.id), Republika (sekretariat@republika.co.id), Seputar Indonesia (redaksi@seputar-indonesia.com/widabdg@seputar-indonesia.com), Koran Tempo (ktminggu@tempo.co.id), Suara Pembaruan (koransp@suarapembaruan.com), Jawa Pos (ariemetro@yahoo.com), Kedaulatan Rakyat (redaksi@kr.co.id), Lampung Post (redaksilampost@yahoo.com), Padang Ekspres (redaksi@padangekspres.co.id), Sinar Harapan (redaksi@sinarharapan.co.id), Suara Karya (redaksi@suarakarya-online.com), Jurnal Nasional (lupa, tolong lengkapi), Annida (majalah_annida@yahoo.com), Femina (kontak@femina-online.com), Kartini (redaksi@kartinionline.com), Kawanku (kawanku-mag@gramedia-majalah.com/fiksi-kawanku@gramedia-majalah.com), Nova (Nova@gramedia-majalah.com), Sabili, Horison, Ummi (ummi@ummigroup.co.id). Dan masih banyak lagi, sebenarnya.
Untuk majalah Sabili, kawan-kawan bisa menyerbu Lembar Khazanahnya. Di sana setidaknya ada rubrik cerpen, puisi, dan esai bedah sastra yang biasa memuat tulisan kiriman para pembacanya. Alamat emailnya: elkasabili@yahoo.co.id.
Majalah Horison, yang menyebut dirinya sebagai majalah sastra. Alamat emailnya: horisonpuisi@centrin.net.id untuk kiriman puisi, horisoncerpen@centrin.net.id untuk cerpen, horisonesai@centrin.net.id untuk esai, dan kakilangit@centrin.net.id untuk sisipan Kakilangit. Sisipan Kakilangit ini memuat karya-karya adik-adik SMA.
Majalah Matabaca. Majalah ini majalah perbukuan dari kelompok Gramedia. Salah satu pegasuhnya adalah penyair Joko Pinurbo. Isinya saya kira bagus buat kita mengenal khazanah literasi di negeri ini. kawan-kawan bisa mengirimkan resensi buku atau esai literasi ke alamat redaksi@matabaca.com.
Majalah Percikan Iman. Sudah lama saya tidak mengikuti perkembangannya. Tapi terakhir saya nangkring di tukang koran, tampaknya redaksinya masih memuat esai opini seputar dunia keislaman. Dulu alamat surat-e-nya redmapi@yahoo.com. Sekarang mungkin masih sama, kalau tidak diganti.
Majalah Tarbawi. Belakangan, selain rubrik Kiat dan surat Pembaca, tulisan pembaca juga bisa dimuat di rubrik Responsi. Di rubrik yang baru itu, teman-teman bisa menulis ulasan, tanggapan, atau kesan atas tema utama yang pernah diangkat majalah Islam itu. Tentu, bentuknya berupa esai populer keislaman. Alamat email redaksinya: tarbawi@yahoo.com.
Media Indonesia. Koran ini memuat opini tiap Senin sampai Jumat. Untuk Sabtu, koran ini kini memuat esai tentang local wisdom. Juga, Media Indonesia Sabtu memuat resensi buku. Email (selian email redaksi yang sudah disebutkan di atas): miweekend@mediaindonesia.com.
Demikian, tentu masih banyak rubrik lain di pelbagai media massa baik yang sudah ataupun belum disebutkan di atas. Mengenal media massa memang modal bagus buat teman-teman (calon) penulis. Seperti saya. Misal, sementara sekarang penerbit banyak yang emoh menerbitkan kumpulan cerpen, maka koran dan majalah bisa menjadi media bagus buat kawan-kawan bercerpen. Sebelum mungkin kelak mungkin ada kesempatan dibukukan.
Dan tentang teknis mengirim tulisan via email, banyak juga kawan-kawan yang bertanya. Kalau saya, saya biasa menggunakan fasilitas attachment (lampiran) di email untuk tulisan yang akan dikirimkan. Sementara di kotak emailnya, saya menulis semacam pengantar singkat untuk redaksi. Tidak panjang-panjang, hanya beberapa kalimat saja.
Ada contoh bagus dari Kuntowijoyo, yang dicuplik pengasuh Horison pada kaver majalah itu Mei 2005.
Assalamu’alaikum w.w.
Redaksi Horison Yth.
Bersama ini saya kirimkan naskah “Maklumat Sastra Profetik”, meskipun terlalu panjang untuk format majalah. Karena itu, mohon jangan merasa di-faith accompli dan dipaksakan pemuatannya. Anggap saja kiriman ini sekedar sebagai pemberitahuan bahwa saya sudah menuliskannya. Semua itu saya kerjakan, karena saya terlanjur dikabarkan—terutama lewat Horison—sebagai penganjur Sastra Profetik. Dan saya merasa “berdosa” kalau tidak saya kirim ke Horison terlebih dahulu. Sekali lagi, jangan segan-segan untuk tidak memuat. Mohon berita lewat telepon 0274-881-xxx, terutama selepas pukul 8:00 malam.
Wassalamu’alaikum w.w.
Yogyakarta, 1 Februari 2005
Kuntowijoyo
Begitu, kawan-kawan. Saya kira itu contoh yang (terlalu) bagus buat pengantar karya. Buat orang (yang sudah se-“terkenal”) seperti beliau, memang wajar “memohon” untuk tidak dimuat.
Sebelum lupa, pernah juga ada kawan yang bertanya, di mana menempatkan biodata penulis. Jawab: kalau saya, saya menempatkannya singkat saja disatufilekan dengan tulisan kiriman. Setelah cerpen, misalnya (kalau tulisan itu cerpen), saya menyertakan biodata singkat itu. Isinya paragraf pendek yang memuat beberapa informasi diri: nama jelas (dan nama pena, kalau memakai nama samaran itu), tanggal lahir, alamat, tempat bergiat, dan seulas riwayat pendidikan serta jejak kepenulisan. Ya, seperti kalau kawan-kawan membaca biodata penulis di akhir sebuah buku. Dan, nomor rekening bank, guna memudahkan pengiriman honorarium tulisan bila karya kita dimuat.
Lagi, sebelum lupa, di Republika Ahmadun Yosi Herfanda (redaktur sastra koran itu) pernah menulis begini: Berhubung ada perubahan disain dan ukuran huruf untuk rubrik Sastra, maka para penyumbang naskah harap memperhatikan hal-hal sbb. Panjang naskah cerpen dan esei antara 7-8000 karakter (with space), diketik dengan program MSWord, dan tiap judul naskah dalam satu file. Untuk kolom Oase diutamakan sajak-sajak pendek, panjang tiap sajak tidak lebih dari satu layar MSWord (2-5 bait pendek). Dalam sekali kirim minimal enam judul sajak, dan dikemas dalam satu file, disertai biografi singkat dan foto diri close up bergaya santai. Semua naskah harus dikirim melalui email dengan sistem attachments ke sekretariat@republika.co.id CC ke ahmadun21@yahoo.com, tujukan ke Redaktur Sastra, dan lampiri nomor rekening bank untuk pengiriman honor. Naskah-naskah yang tidak memenuhi prosedur di atas tidak akan diperhatikan. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum w.w.
Fatih Beeman
(FLP Jatinangor), penulis buku dan scenario.
fatih_bee@yahoo.co.id, www.fatihbeeman.multiply.com
disarikan dari:
Wildan Nugraha
Giat di FLP Bandung
http://titikluang.blogspot.com
surat-e: wildan.nugraha@gmail.com & wildanugraha@yahoo.com
Share and Enjoy:

1 komentar for this post

  1. Syukron atas infonya. Sungguh bermanfaat!

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent
Connect with Facebook
Sponsors
Blog Archives
Recent Comments
Tag Cloud